langkah menyusun business plan yang baik dan benar

Langkah Menyusun Business Plan Yang Baik dan Benar

Langkah menyusun business plan yang baik dan benar – Sebuah bisnis akan berjalan baik jika direncanakan secara matang. Perencanaan sebuah bisnis ini kerap disebut dengan istilah Business Plan. Membuat business plan sangat penting untuk membantu anda menganalisa perkembangan bisnis dari setiap sektor. Mulai dari pencapaian visi dan misi, analisis keuangan, pemasaran, sampai manajemen tenaga kerja dan produksi. Selain bermanfaat untuk bisnis sendiri, business plan juga efektif untuk menggaet investor agar tertarik bergabung dengan anda.

Biasanya investor akan mempertimbangkan minatnya bergabung dengan sebuah bisnis jika mitra mereka dinilai cukup potensial dalam mendatangkan profit. Anda tidak bisa datang sendiri tanpa membawa business plan jika ingin menggaet investor. Business plan ini bisa menjadi amunisi anda dalam mengajak para investor untuk bergabung bersama. Untuk menyusun business plan, anda memerlukan berbagai langkah tertentu. Nah, berikut ini uraian selengkapnya untuk berbagai langkah menyusun business plan.

Berbagai Langkah Menyusun Business Plan

langkah menyusun business plan yang baik dan benar

  1. Kenali bisnis terlebih dulu

Langkah paling awal adalah mengenali bisnis yang akan dijalankan. Anda mesti mempelajari potensi sampai risiko yang muncul dalam bisnis tersebut. Analisis SWOT sangat efektif untuk membantu anda dalam mengenali. SWOT merupakan singkatan dari Strenghts, Weakness, Opportunities, and Threats. Anda mesti tahu apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis tersebut. hal ini sangat membantu dalam menilai potensi kesuksesan dan membuat business plan anda tersusun secara baik.

  1. Rancangan visi dan misi

Visi sangat penting dalam sebuah bisnis karena berisi sasaran, tujuan serta pandangan yang mesti dicapai. Visi yang jelas sangat membantu dalam merancang bisnis. Sedangkan misi merupakan pendukung dari visi yang akan anda capai. Misi merupakan tujuan jangka pendek yang mesti dicapai. Keduanya mesti jelas terpampang agar business plan anda memiliki nilai yang tinggi di hadapan investor.

  1. Analisis produk

Lakukan analisis produk terlebih dulu. Jika bisnis anda menghasilkan banyak produk maka jangan ragu untuk menjabarkannya satu per satu. Anda bisa mencari tentang perbandingan produk bisnis anda dan oranglain. Selain itu pertimbangkan pula harga jual serta paparan bahan baku sampai tahap produksi untuk memperlihatkan prospektivitas bisnis anda di hadapan investor.

  1. Analisis pemasaran dan manajemen

Susun secara detail analisi pemasaran mulai dari siapa saja konsumen yang anda bidik, persaingan, hingga karakteristik konsumen. analisis pemasaran sangat efektif untuk membantu menetapkan harga, strategi promosi, hingga peluang profitabilitas. Bubuhkan pula analisis manajemen bisnis anda jika bisnis anda memerlukan banyak tenaga. Anda mesti menyusun sistem manajemen yang diperlukan. mulai dari struktur organisasi, jumlah pekerja, gaji, tunjangan, dsb.

  1. Analisis keuangan

Analisis keuangan merupakan salah satu hal vital. Perputaran uang yang stabil akan mendukung perkembangan sebuah bisnis. Lakukan perhitungan mulai dari perencanaan modal, besaran dana produksi, biaya tenaga kerja, dll. anda mesti bersabar dalam membuat analisis keuangan. Jangan sampai ada celah kesalahan karena pada poin analisis ini kekuatan bisnis anda akan dinilai.

Demikian berbagai cara yang bisa anda coba dalam Langkah menyusun business plan. Semoga membantu anda dan selamat mencoba.